Manajemen media
massa? Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar manajemen media
massa? Di sini penulis akan membahas apa sih manajemen media massa itu.
Manajemen Media
Massa terdiri dari dua kata, yaitu manajemen dan media massa. Dari dua kata ini
penulis akan membahas satu persatu, penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Manajemen
Manajemen
adalah suatu proses atau disebut juga sebagai kerangka kerja yang di dalamnya melibatkan bimbingan serta pengarahan suatu kelompok orang pada tujuan – tujuan
organisasional atau maksud – maksud yang nyata (Aang Koswara, Kokom Komariah, Yanti Setianti, 2006) .
Manajemen
adalah proses semua perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating) dan pengawasan (controlling) usaha –usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya agar
mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Masih
banyak lagi pengeritan – pengertian serta tafsiran dari kata manajemen. Namun,
pada intinya semua pengertian tersebut merujuk pada kata yang sama yaitu
perencanaan.
2. Media Massa
2. Media Massa
Media
massa merupakan media yang diperuntukan untuk jumlah orang yang banyak (massa). Media massa sering juga disebut sebagai istilah pers. Pers menurut
Undang-Undang (UU) pokok pers pasal 1 ayat 1, pers adalah lembaga sosial dan
wahanan komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi
mencari, memperoleh, memiliki, meyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi
dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data grafik maupun dalam bentuk
lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis data
yang tersedia (Pratyaksa, 2010) .
Dari pengertian –
pengertian mengenai manajemen dan media massa, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa manajemen media massa yaitu suatu perencanaan yang dibuat untuk perusahaan
media.
REFERENSI
Aang Koswara, Kokom Komariah, Yanti Setianti. (2006).
Penerapan Fungsi Manajemen Media Massa Di Radio Pelangi Nuansa Swaratama
Sumedang. Universitas Padjadjaran.
Pratyaksa, I. G. (2010). Peranan
Media Massa Dan Opini Publik Dalam Membangun Isu-Isu Kontroversial. Universitas
Atmajaya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar