Minggu, 13 September 2015

Pengertian Manajemen Media Massa

Manajemen media massa? Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar manajemen media massa? Di sini penulis akan membahas apa sih manajemen media massa itu.

Manajemen Media Massa terdiri dari dua kata, yaitu manajemen dan media massa. Dari dua kata ini penulis akan membahas satu persatu, penjelasannya adalah sebagai berikut:
         1. Manajemen
 Manajemen adalah suatu proses atau disebut juga sebagai kerangka kerja yang di dalamnya          melibatkan bimbingan serta pengarahan suatu kelompok orang pada tujuan – tujuan organisasional      atau maksud – maksud yang nyata (Aang Koswara, Kokom Komariah, Yanti Setianti, 2006).
 Manajemen adalah proses semua perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),            pengarahan (actuating) dan pengawasan (controlling) usaha –usaha para anggota organisasi dan          penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang        telah ditetapkan.
Masih banyak lagi pengeritan – pengertian serta tafsiran dari kata manajemen. Namun, pada        intinya semua pengertian tersebut merujuk pada kata yang sama yaitu perencanaan.
2. Media Massa
Media massa merupakan media yang diperuntukan untuk jumlah orang yang banyak (massa).      Media massa sering juga disebut sebagai istilah pers. Pers menurut Undang-Undang (UU) pokok        pers pasal 1 ayat 1, pers adalah lembaga sosial dan wahanan komunikasi massa yang                            melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, meyimpan, mengolah     dan menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data grafik maupun dalam      bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis data yang           tersedia (Pratyaksa, 2010).
Dari pengertian – pengertian mengenai manajemen dan media massa, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen media massa yaitu suatu perencanaan yang dibuat untuk perusahaan media.


REFERENSI
Aang Koswara, Kokom Komariah, Yanti Setianti. (2006). Penerapan Fungsi Manajemen Media Massa Di Radio Pelangi Nuansa Swaratama Sumedang. Universitas Padjadjaran.


Pratyaksa, I. G. (2010). Peranan Media Massa Dan Opini Publik Dalam Membangun Isu-Isu Kontroversial. Universitas Atmajaya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar